Minggu, 24 Mei 2009

Sejarah Wakil

WAHANA KESEHATAN & LINGKUNGAN LESTARI
( WaKIL )
Alamat :
Jl.Mesjid raya. no.3B Sungguminasa, Gowa
Sulawesi-Selatan. 92111
Tlp.0411-883734. 0411-5705927
Kontak Person : 081342597901
E-mail: ngo_wakil@yahoo.com
http://wakilfoundation.blogsphot.com

Sekretariat program :
Jl.S,Dg.Jarung No.1 malino, Gowa
sulawesi selatan, 92174
Tlp.0417-21787, 0417-21789

Sejarah / latar belakang berdirinya lembaga

Terjadinya kerusakan sumberdaya lingkungan dan ekosistemnya yang diakibatkan oleh berbagai tuntutan kepentingan dan tindakan pengelolaan lingkungan yang kurang tepat telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan . Oleh karena untuk mencegah semakin rusaknya sumberdaya lingkungan dan ekosistemnya dimasa yang akan datang , prinsip pengelolaan lingkungan berkelanjutan mutlak harus dipahami dan dilaksanakan. Prinsip pengelolaan sumberdaya lingkungan secara berkelanjutan yang meliputi kelestarian manfaat ekonomii ekologi sosial masayarakat secara professional. Strategi dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan antara lain melalui pendekatan yang menyeluruh , sistematis , terencana, dan teritegrasi dalam memandang dan melaksanakan pengelolaan lingkungan yang terdiri dari kegiatan – kegiatan perencanaan, pengorganisasian pelaksana kegiatan , pengawasan dan evaluasi dalam rangka pengelolaan ekosistem sumberdaya lingkungan. Untuk melaksanakan pengelolaan lingkungan berkelanjutan tersebut diperlukan upaya yang kuat dari berbagai pihak yang terkait dengan pengeloaan lingkungan dan lahan.

Berdasarkan hal diatas maka partispasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan sangat tepat, karena pengeloaan lingkungan. yang ideal harus melibatkan masyarakat secara total dan berkelanjutan serta semua pihak. Pendekan pembangunan yang melibatkan masyarakat sebagai objek telah menjadi bagian dari sejarah Republic ini, bahwa hal tersebut telah menjadikan kesenjangan lingkungan masyarakat. Seharusnya masyarakat lokal di posisikan pada tempatnya , yaitu sebagai pelaku utama dalam setiap kegiatan pembangunan agar tercipta kemandirian masyarakat secara bertanggung jawab. Pemberdayaan masyarakat merupakan hal yang mutlak dibutuhkan untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan.

Dengan keberadaan dan kesadaran kita sebagai manusia yang sangat terbatas secara fisik, intektual, moral, sumberdaya dan waktu, maka tidak sepenuhnya dapat memenuhi semua kebutuhan, keperluan hidupnya sehingga selalu membutuhkan bantuan orang lain. Untuk itu hubungan antara pribadi dalam masyarakat secara manusiawi yang memiliki peran fungsi dan tanggungjawab yang berbeda harus dalam posisi yang seimbang.

Memperhatikan hal – hal tersebut sehingga mendorong sekumpulan aktivis kampus pemuda dari berbagi disiplin ilmu yang berbeda , bergabung dalam sebuah wadah yang independent, bergerak untuk berkarya demi kemaslahatan masyarakat.


Visi
Terwujudnya masyarakat lokal yang terampil dan mandiri dalam mengelola dan memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada secara arif bijaksana , partisipatif dan berkelanjutan.

Misi
Untuk mencapai Visi tersebut diatas maka Wahana Kesehatan & Lingkunga Lestari (WaKIL) :

 Melakukan upaya – upaya penyelamatan dan peningkatan daya dukung lingkungan
 Melakukan aksi – aksi sosial ekonomi dan kesehatan dalam rangka penigkatan kesejahteraan masyarakat.
 Melakukan kerjasama dan kemitraan serta koordinasi dengan lembaga lainnya dalam kegiatan pembangunan lingkungan dan kesehatan masyarakat.
 Malaksanakan kegiatan publikasi, tentang pencegahan kerusakan, pemulihan dan peningkatan lingkungan dan sumber daya lokal.
 Membangun sumberdaya manusia melalui pendidikan lingkungan hidup dan kesehatan.
 Menyelenggarakan kegiatan penelitian, pengembangan , diskusi, pengkajian, pelatihan, seminar, dan lokakarya tentang ilmu pengetahuan lingkungan dan tegnologi serta pembinaan dan penyuluhan kapada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar